Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah: Dampak Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Elny Yulinda Sarai Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nanang Supriadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fredy Ganda Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Purwosari untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Lightening the Learning climate untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah menggunakan instrumen tes esai. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Purwosari di Klumbayan Barat dengan jumlah sampel 60 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa nilai = 11,374 sehingga  ditolak.  Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi pembelajaran Lightening the learning climate berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Published

2022-08-16

How to Cite

Elny Yulinda Sarai, Nanang Supriadi, & Fredy Ganda Putra. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah: Dampak Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/2611

Issue

Section

Articles