Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah: Dampak Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Purwosari untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Lightening the Learning climate untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah menggunakan instrumen tes esai. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Purwosari di Klumbayan Barat dengan jumlah sampel 60 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa nilai = 11,374 sehingga ditolak. Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi pembelajaran Lightening the learning climate berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elny Yulinda Sarai, Nanang Supriadi, Fredy Ganda Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.