Peningkatan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Taman Winaya

Authors

  • Siti Solehat Mahasiswa PGSD FKIP - UNIVERSITAS TERBUKA
  • Engkos Kosim Universitas Ma'arif Lampung
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Ma'arif Lampung

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Taman Winaya pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah berupa ulangan harian (tes tulis) dari nilai tes tersebut maka dapat di ketahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Taman Winaya yang dengan jumlah 35 siswa, untuk rinciannya yaitu siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa mulai dari kegiatan Pra Siklus dari 35 siswa hanya 6 siswa yang tuntas dengan presentase 17% dan pada kegiatan siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas yaitu 20 siswa dengen presentase 57% kemudian pada siklus ke II  meningkat kembali yaitu ada sebanyak 32 siswa yang tuntas dengan presentase 91%. Maka didapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkat dengan menggunakan metode demonstrasi.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Solehat, S., Kosim, E., & Sukma Indra Dewi, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Taman Winaya. Jurnal Teknologi Pembelajaran. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/4180

Issue

Section

Articles