Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PKN di SDN200/V Pematang Lumut
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, PKN.Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan fokus pada perbaikan proses pembelajaran materi Penduduk dan Sistem Pemerintahan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan melibatkan siswa kelas III sebagai objek dan sampel. Langkah-langkah PTK, termasuk perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dijalankan dalam dua siklus. Hasil observasi mengidentifikasi berbagai masalah pembelajaran di SDN 200/V Pematang Lumut, seperti kurangnya pencapaian KKM oleh siswa, yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional. Siklus I melibatkan implementasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw, yang menghasilkan peningkatan ketercapaian siswa dari 57% menjadi 70%, namun masih terdapat 30% siswa yang belum mencapai KKM. Beberapa kendala diidentifikasi, seperti kompleksitas materi dan keterbatasan waktu. Siklus II berfokus pada perbaikan, mencapai peningkatan signifikan hingga 87% siswa mencapai KKM. Meskipun positif, temuan menyoroti kebutuhan akan pemahaman dan pelatihan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan Siklus II menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, namun perlu diperhatikan beberapa aspek untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, termasuk persiapan guru dan bimbingan yang sesuai bagi siswa dalam mengimplementasikan model pembelajaran tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhalimah Halimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.