Developing English Textbook For Second Semester Students Of Syariah Banking Department At Islamic Institute Of Ma’arif NU Metro Lampung In Academic Year 2015/ 2016.

  • dian anggraini
Keywords: : buku teks bahasa Inggris, pengembangan materi

Abstract

Tujuan utama dari mengajar bahasa Inggris di IAIM NU Metro Lampung adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa agar mereka dapat mengerti dan memahami materi bahasa Inggris dan mereka dapat berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan kata-kata sederhana. Bahasa inggris telah diajarkan dalam lembaga sebagai bahasa asing. Bahasa Inggris diajarkan untuk memberikan siswa dengan kesempatan yang lebih besar untuk belajar bahasa Inggris, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Namun, pengajaran bahasa Inggris di departemen perbankan syariah memiliki sejumlah masalah yang perlu diperhitungkan. Masalah utama adalah bahwa bahan pelajaran Bahasa Inggris yang tepat tidak tersedia. Bahan yang digunakan pada saat ini tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Masalah lain yang saat ini muncul adalah: motivasi & minat siswa dalam belajar bahasa Inggris masih rendah sehingga pencapaian siswa dalam bahasa Inggris tidak memuaskan dan siswa tidak menyadari dengan manfaat belajar bahasa Inggris. Dalam hal ini, siswa perlu bahan yang sesuai dengan bidang mereka. Jadi, mereka bisa menarik minat dan motivasi ketika mereka belajar bahasa Inggris.

Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini melakukan analisis kebutuhan, mengembangkan bahan Bahasa Inggris, melakukan validasi ahli, revisi materi, mencoba bahan, dan merevisi bahan. Untuk melakukan analisis kebutuhan, kuesioner didistribusikan kepada siswa dan guru diwawancarai. Untuk melakukan validasi ahli, kuesioner diberikan untuk membaca pakar dan ahli konten. Kuesioner juga diberikan kepada siswa dan guru diwawancarai untuk melakukan try-out.

Data dari hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju untuk mengembangkan bahan bahasa Inggris yang cocok dan terkait dengan kehidupan mereka, ada yang mendengarkan, membaca diikuti dengan kosa kata, menulis, dan berbicara. Data dari validasi ahli menunjukkan bahwa ada beberapa poin yang baik dan lemah dari bahan dikembangkan sehingga orang-orang yang lemah perlu direvisi.

Dari try out dari bahan dikembangkan data menunjukkan penerapan materi yang dikembangkan dalam memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini tercermin dalam data yang dikumpulkan dari kuesioner dan hasil mencoba out. Data yang dikumpulkan dari pengamatan menunjukkan bahwa siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan mengajar selama mencoba. Salah satu alasan adalah bahwa topik yang dibahas adalah menarik dan terkait dengan kehidupan mereka. Selain itu, tugas-tugas harus dilakukan siswa dapat mengaktifkan pengetahuan mereka tentang topik dan keterampilan bahasa.

Berdasarkan hasil try out, beberapa revisi yang dibuat agar bahan menjadi lebih baik dan mereka akhirnya bisa sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

 

Kata kunci: buku teks bahasa Inggris, pengembangan materi

 

Published
2017-03-20