The Analysis of Moral Education on Rhoma Irama’s Song Lyrics

  • Defika Andriana Sari IAIMNU Metro
  • Muhammad Yusuf
Keywords: Component of Moral Education, Moral Education, Implementation of Moral Education, Song Lyrics, Rhoma Irama

Abstract

This study is entitled "Analysis of Islamic Education Values ​​in Rhoma Irama Song Lyrics". The purpose of this research is to universally apply the meaning contained in song lyrics in the field of morals in daily activity. This type of research is a descriptive analysis. The research results are; 1) There is an element of the value of moral education for parents in the lyrics of the song 'Keramat', that everyone must have respect, obey their parents, because their prayers and blessings are very important; 2) There is an element of the value of moral education towards religion in the lyrics of the song 'Kematian', which means that in droves of good deeds, because in essence everything that God gives, will also return to Him; 3) the emergence of elements of the value of social moral education in the lyrics of the song 'Teman', that all created beings, in God's sight are the same, there is no difference. So there is no need for anyone to be proud, because life cannot be alone, of course it requires the help of others.

References

Afiyanti, Yati, “Persepsi Menjadi Ibu yang Baik: Suatu Pengalaman Wanita Pedesaan Pertama Kali Menjadi Seorang Ibu”, dalam Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 7, Nomor 2, September, 2003.
Aprily, Nuraly Masum, “Nidzomul Ma’had dalam Pendidikan Akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut”, dalam Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 9, Nomor 2, (Desember, 2019): 141-159. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE.
Asmaya , Enung, “Pembentukan Jiwa Manusia Melalui Pesan Tauhidullah”, dalam Jurnal Komunikasi, IAIN Purwokerto, Volume 9, Nomor 1, Januari- Juni, 2015.
Astuti, Dwi, “Gaya Bahasa pada Lirik Lagu “Modern” Ciptaan H.Rhoma Irama”, dalam Makalah , disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional dengan tema “Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran di Era Digital”, yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung”, 2019.
Bayu, Gede Wira, “Implementasi Pendekatan Music and Movement untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Aktivitas Motorik Kasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Trisula Singaraja”, dalam JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Volume 1, Nomor 1, Januari, 2016.
Budiman, Agus dan Fahma Ismatullah, “Penerapan Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Darut Taqwa Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2014-2015”, dalam Jurnal At-Ta’dib, Universitas Darussalam Gontor, Volume 10, Nomor 1, Juni, 2015.
Deswita, “Konsep Pemikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan Akhlak”, dalam Ta’dib, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Batusangkar, Volume 16, Nomor 2, Desember, 2013.
Effendi, Mukhlison, “Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet Based Learning dalam meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, STAIN Ponorogo, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Fitri, Heleni, “Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Ibu yang Bekerja”, dalam PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Volume 1, Nomor 1, Oktober, 2017.
Fuadhiyah, Ucik, “Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu-Lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan”, dalam Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Semarang, Volume 7, Nomor 1, Januari, 2011.
Gede, Fitriani, “Ibu sebagai Madrasah dalam Pendidikan Anak”, dalam Jurnal Ilmiah Didaktika, Dosen pada Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Volume 13, Nomor 1, Agustus, 2012.
Ginanjar, Hidayat dan Nia Kurniawati, “Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik Studi Kasus di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor”, dalam Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Volume 06, Nomor 12, Juli, 2017.
Gustini, Neng, “Bimbingan dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali”, dalam Tadris: Jurnal Keguruan dari Ilmu Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Volume 01, Nomor 1 (Juni,2016): 1-14. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris.
Hakim, Rosniati, “Studi Islam Tentang Akhlak Konselor”, dalam Jurnal Al-Ta’lim, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang, Volume 1, Nomor 4, Februari, 2013.
Kartiko, Ari dan Edy Kurniawan, “Metode Bercerita dengan Teknik Role-Playing untuk Menumbuhkan Akhlak Mulia”, dalam Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, Institut Pesantern KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Volume 1, Nomor 2, Agustus, 2018.
Kasmali, “Sinergi Implementasi Antara Pendidikan Akidah dan Akhlak Menurut Hamka”, dalam Teologia, SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan Jawa Tengah, Volume 26, Nomor 2, Juli-Desember, 2015.
Khairuni, Nisa, “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak”, dalam Jurnal Edukasi, Universitas UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Volume 2, Nomor 1, Januari, 2016.
Kholik, Moh dan Moch. Sya’roni Hasan, “Implementasi Pembelajaran Akhlak Melalui Lagu Qur’any di Maal Urwatul Wutsqo Jombang”, dalam Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu, Volume 6, Nomor 1, (Maret, 2020): 14-31. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah.
Manan, Syaepul, “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan”, dalam: Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Volume 15, Nomor 1, 2017.
Marlina, “Penguatan Peran Ibu Dalam Pendidikan Anak”, dalam Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, Dosen PAI STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan, Volume 2, Nomor 1.
Marwanti, Endah, Arya Dani Setiawan dan Shanta Rezkita, “Implementasi Penanaman Karakter Anak Dalam Syair Lagu Dolanan Anak “Cublak- Cublak Suweng”, dalam Jurnal Taman Cendikia, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Volume 02, Nomor 02, Desember, 2018.
Mualim, Farudin dan Rosida Erowati, “Perbandingan Gaya Bahasa pada Puisi ‘Ibu’ Karya Mustofa Bisri dengan Lirik Lagu ‘Keramat’ Karya Rhoma Irama, dalam Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Volume 2, Nomor 2, (November, 2015): 171-193. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika.
Mudhofir, Ali, “ Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Mukhibat, “Islamisasi Pengetahuan dan Model Pengembangannya pada Madrasah”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, STAIN Ponorogo, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Mustolehudin, “Nilai Moral dalam Lirik Dangdut Rhoma Irama”, dalam Jurnal ”Analisa”, Semarang : Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Volume 19, Nomor 02, Juli- Desember 2012.
Muthohar, Sofa, “Antisipasi Degradasi Moral di Era Global”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, IAIN Walisongo Semarang, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Muzakka, Moh., “ Nilai- Nilai Profetik dalam Dua Lirik Lagu Karya Rhoma Irama Kajian terhadap Lirik Lagu “Akhlak” dan “Virus Corona”, dalam NUSA, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Volume 15, Nomor 1, Februari, 2020.
Mz, Syamsul Rizal, “Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf”, dalam Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Volume 07, Nomor 1, (April, 2018): 67-100. https://doi.org/10.30868/EI.V7I01.212.
Nugroho, Agung dan Indah Puspita Sari, “Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Frasa di Penghujung Musim Karya Adiska Nirmaya dan Kumpulan Puisi Nafas Karya Fatima Musawa Melalui Pendekatan Perbandingan Sastra”, dalam Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau, Volume 2, Nomor 2, (Juni, 2019): 190-211. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i2.649.
Oviyanti, Fitri, “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam , IAIN Raden Fatah Palembang, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Putra, Purniadi, “Implementasi Pendidikan Karakter: Integrasi Lagu Melayu Sambas dalam Pembelajaran pada Min Kabupaten Sambas”, dalam Jurnal Sosial Budaya, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifuddin Sambas Indonesia, Volume 16, Nomor 2, (Desember, 2019): 83-92. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v16i2.6942.
Raharjo, Sabar Budi, “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptkan Akhlak Mulia”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebuyaan, Sekretariat Balitbang Kemdiknas, Volume 16, Nomor 3, Mei, 2010.
RI, Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya Special for Woman, Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
Rustina, “Studi Tahliliy Atas Hadis Nabi SAW. Tentang Kualitas Keimanan Linier dengan Kualitas Akhlak”, dalam Al-Iltizam, Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon, Volume 1, Nomor 2, Desember, 2016.
Saefudin, “Nilai- Nilai Pendidikan Islam dalam Lirik- Lirik Lagu Dangdut Rhoma Irama: Suatu Pendekatan Hermeneutika-Semiotika”, dalam Medina-Te: Jurnal Studi Islam, Kantor Masyarakat Kantor Wilayah Kementrian Agama Republik Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Volume 15, Nomor 2, (Desember, 2019): 215-246. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate
Samsudin , Agus, “Pembiasaan Peri Laku Keberagamaan Peserta Didik Melalui Program Shalat Duha Studi di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya”, dalam Atthulab, Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Volume 3, Nomor 2, 2018.
Silfana, Ike Meisari dan Imron, “Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim dengan Metode Konseling Islam di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang”, dalam Tarbiyatuna, Volume 8, Nomor 1, Juni, 2017.
Solichin, Moch. Muchlis, “Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi Nilai (Akhlak) dan Dampaknya Terhadap Perilaku Mahasiswa STAIN Pamekasan”, dalam Nuansa, Dosen STAIN Pamekasan Prodi TBI, Volume 8, Nomor 1, Januari- Juni, 2011.
Sophya, Ida Vera, “Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu pada Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Thufula, STAIN Kudus, Volume 1, Nomor 1, Juli—Desember, 2013.
Sutiyono, “Ilmu Ladunni dalam Perspektif Al-Ghazali”, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, IAIN Walisongo Semarang, Volume 7, Nomor 2, Oktober, 2013.
Tasnim, Yusrizal dan Khairuddin, “Manajemen Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pembentukan Akhlak Siswa pada SMA Negeri 5 Lhokseumawe, dalam Jurnal Mudarrisuna, Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Volume 6, Nomor 1, Juni, 2016.
Widowati, Retno dan S. Suharto, “Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Menerjemahkan Syair Lagu Anak-Anak dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris Melalui Pelatihan di TK Islam Al-Azhar 14 Semarang”, dalam Jurnal Seni Musik, Universitas Negeri Semarang Indonesia, Volume 1, Nomor 1, Juni, 2012.
Zainuddin, “Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah”, dalam JPII, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Universitas Ibrahimy, Volume 3, Nomor 2, April, 2019.
Published
2020-12-31
How to Cite
Andriana Sari, D., & Yusuf, M. (2020). The Analysis of Moral Education on Rhoma Irama’s Song Lyrics. Journal of Research in Islamic Education, 2(2), 106-118. https://doi.org/10.25217/jrie.v2i2.1284
Section
Articles