Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

  • Ruhban Masykur UIN Raden Intan Lampung
  • Undang Rosidin UIN Raden Intan Lampung
  • Agung M Iqbal UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Achievement of Learning; Graduates Competence; KKNI

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan masyarakat menjadi pendorong lahirnya kebijakan pendidikn tinggi yang beroreintasi kepada kompetensi lulusan baik aspek pengetahuan,sikap maupun keterampilan. Seiring dengan perubahan oreintasi perguruan tinggi akan pencapaian tujuan pembelajaran  yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, menjadi suatu pilihan dalam meningkatkan kualitas hasil dan produk pendidikan tinggi. Dengan demikian KKNI merupakan suatu upaya yang sangat strategis untuk meningkatkan mutu lulusan Perguruan Tinggi  baik skala Nasional maupun Internasional. KKNI ini sudah dirancang sejak tahun 2014, sehingga implementasi kurikulum KKNI ini perlu dilakukan penelitian sekaligus sebagai evaluasi, apakah kurikulum ini terlaksana atau tidak, hambatan apa yang dihadapi dan pencapaian apa yang diperoleh oleh para peserta. Sebagai hasil penelitian menunjukan bahwa : Implemenatasi kurikulum KKNI di prodi matematika, dilakukan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi.  Pada tataran implementasi KKNI di prodi matematika belum berjalan secara baik, hal ini dikernakan sumber daya manusia yang belum mamahami, sarana prasarana yang kurang dan aspek kebijakan pimpinan yang belum mengeluarkan keputusan tentang berlakunya KKNI. Oleh karena itu usaha yang dilakukan oleh pihak prodi melalui kegiatan worshop dan seminar, sosialisasi sampai pada tingkat implementasi dalam proses pembelajaran perlu dilakukan.

References

E. Yuliasari, “Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar,” JIPM J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2017.

S. Sukring, “Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam),” Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., vol. 1, no. 1, pp. 57–68, 2016.

D. W. Johnson and R. T. Johnson, “Cooperative Learning in 21st Century,” Psicol Ann Psychol, vol. 30, no. 3, pp. 841–851, Aug. 2014.

D. W. Johnson and R. T. Johnson, “Cooperative Learning in 21st Century,” An. Psicol. Ann. Psychol., vol. 30, no. 3, pp. 841–851, Aug. 2014.

S. Widyawati, “Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro,” Iqra J. Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 47–68, Mar. 2017.

N. Gustini, “Bimbingan dan Konseling melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali,” Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2016.

K. Anwar, “Pendidikan Hukum Di Era Transisi Dalam Negara Demokrasi Menuju Indonesia Baru,” Masal.-Masal. Huk., vol. 40, no. 2, pp. 236–245, 2011.

I. Solikhah, “KKNI dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes,” LINGUA J. Lang. Lit. Teach., vol. 12, no. 1, pp. 1–22, 2015.

W. Murtafiah and E. Suprapto, “Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Kkni Untuk Penguatan Scientific Approach Pada Mata Kuliah Evaluasi Dan Proses Pembelajaran Matematika,” J. Penelit. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 1245–1249, 2017.

L. Sugiharto, “Alternatif Penyusunan Kurikulum Mengacu pada KKNI,” Dir. Jendral Pendidik. Tinggi, 2013.

S. Akbar, “Penyegaran Pembelajaran Tematik Berbasis KKNI Kurikulum 2013: makalah kuliah umum,” Malang Univ. Kanjuruhan Malang, 2014.

M. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

J. Moleong, “Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT,” Remaja Rosdakarya.

Published
2018-06-06
How to Cite
Masykur, R., Rosidin, U., & Iqbal, A. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205
Section
Articles