Penerapan "Accelarated Learning Model" Dengan Metode Master Berbantukan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pengajaran Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar

Authors

  • Praharisti Kurniasari IKIP Budi Utomo Malang
  • Agusti Mahardikaningsih IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.2227

Keywords:

accelarated learning, master, e-learning, hasil belajar

Abstract

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme pendidikan berbasis teknologi informasi menjadi sangat penting. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran Accelerated Learning metode MASTER dengan berbantukan e learning yang layak dan sudah diujicobakan serta tervalidasi oleh ahli serta mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo Malang. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar setelah menggunakan Accelarated Learning Berbantukan E-Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Selain itu penelitian yang dilaksanakan juga merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif korelasional, karena penelitian ini adalah penelitian yang menggambarkan tentang pengaruh atau sebab akibat dari kedua variabel penelitian yaitu model Accelerated Learning dengan metode MASTER berbantukan E-Learning dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ilmu sosial dan budaya dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian eksperimental yang digunakan adalah desain kelompok pasca tes acak (ramdomized posttest control group design).  Penelitian ini menggunakan ini menggunakan   pengumpulan data tes yang diperoleh dari nilai hasil UAS. Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus T Test.   Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Adanya pengaruh penerapan model Accelerated Learning metode MASTER berbantukan E Learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada pengajaran Ilmu Sosial dan Budaya Dasar di IKIP Budi Utomo Malang dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan  thitung -2.234 > ttabel 1.995,  sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-sided) adalah 0,021. Karena nilai Sig. 0,021 < taraf nyata (a= 0,05).

 

Kata kunci: accelarated learning, master, e-learning, hasil belajar

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Kurniasari, P., & Mahardikaningsih, A. (2022). Penerapan "Accelarated Learning Model" Dengan Metode Master Berbantukan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pengajaran Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.2227

Issue

Section

Articles