Penerapan Model Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Keywords:
Model Pembelajaran TPACK, Android, Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Hasil observasi awal, ditemukan permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya akan hasil belajar mahasiswa di IKIP Budi Utomo khususnya dalam mata kuliah perkembangan peserta didik. Adapun yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa anatara lain, pembelajaran yang berjalan masih menggunakan metode konvensional, sehingga mahasiswa menjadi kurang bergairah dalam belajar. Sehingga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, yaitu masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar belajar mahasiswa melalui pendekatan TPACK berbasis android pada mahasiswa di IKIP Budi Utomo Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas), penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah mahasiswa 20 mahasiswa. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif. Peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan TPACK berbasis android ini memberikan efek atau damapak yang positif, yaitu dengan ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar mahasiswa pada pra siklus 30% atau 6 mahasiswa dari 20 mahasiswa, siklus I sebesar 50% atau sebanyak 10 mahasiswa dari 20 mahasiswa, siklus II sebesar 90% atau sebanyak 18 mahasiswa dari 20 mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Praharisti Kurniasari, Agusti Mardikaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.