Studi Etnomatematika pada Proses Ritual Ngamalo Lubakng Tugal dalam Sistem Pertanian Dayak Kanayatn
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.5874Keywords:
Dayak kanayatn, etnomatematika, ngamalo lubakng tugal, sistem pertanianAbstract
Ngamalo lubakng tugal adalah salah satu tradisi dalam sistem pertanian atau bahuma batahut’n masyarakat Dayak Kanayatn. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentivikasi unsur-unsur matematika yang terdapat pada sistem pertanian masyarakat Dayak Kanayatn. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari dua orang pemilik ladang (petani lokal) dan satu orang panyangahatn, teknik pengambilan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika yang digunakan dalam ritual ngamalo lubakng tugal pada alat dan bahannya, seperti pada poe, bontokng, wadah baras kuning, wadah baras banyu, wadah isi pangantar, wadah baras poe (beras ketan), wadah baras sunguh (beras palawakng), pabayo dan tempat pabanihan’t. Adapun unsur matematika yang muncul adalah unsur geometri, gradien (kemiringan), bilangan/perhitungan siklus dan perbandingan. Unsur geometri terdapat pada tempat pabanihan’t, wadah isi pangantar, wadah baras poe (beras ketan), wadah baras sunguh (beras palawakng), wadah baras banyu,wadah baras kuning (tampukng tawar), wadah air bunga selasih,dan pabayo, gradien muncul pada tungkat Jubata dan tanga’ Jubata, dan unsur perbandingan muncul pada adonan poe, bontokng, tumpi dan tumpi Jubata, sedangkan unsur bilangan/perhitungan siklus digunakan dalam perhitungan kalender
References
Agustini, N. K. A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.95
Al Hasby, S. A. (2019). Perbedaan Regulasi Emosi antara Penghafal Quran 1-15 Juz dan Penghafal Qur'an 16-30 Juz di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Kraksaan, Probolinggo. Psikologi, 8(1(100)), 51–57.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.
Barli, J. (2022). The moral value of traditional farming on Ne' Balungkur folklore. UNCLLE (Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture, 2(1), 212–216.
Dian, M. (2021). Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat. Ethnomathematics Journal, 2(1), 38-42. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.35870
Dikdik, A., Permana, J., & Suryana, A. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Administrasi Pendidikan. 7, 466–479.
Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85-92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983
Habib, A. R. (2021). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Reimajenasi Timbre: Nostalgia Bunyi Melalui Komposisi Musik, 3, 1–16.
Hoogland, K., de Koning, J., Bakker, A., Pepin, B. E. U., & Gravemeijer, K. (2018). Changing representation in contextual mathematical problems from descriptive to depictive: The effect on students’ performance. Studies in Educational Evaluation, 58, 122-131. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.06.004
Kooken, J., Welsh, M. E., McCoach, D. B., Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2015). Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49(3), 217–242.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212
Netiana, I. (2022). Etnomatematika pada kerajinan anyaman masyarakat dayak kenyah.
Novalena, K., & Listiani, M. (2022). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Betang Ensaid Panjang Kalimantan Barat. Prisma, Prosding Seminar Nasional Matematika, 5, 244–253.
Noviawan, A., Hanggorokasih, G. B., Ningsih, R. A., & Arifin, S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri Pringkuku. Jurnal STKIP PGRI Pacitan, 1(1), 1–10. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/993/%0Ahttps://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/993/1/AI_PPL_KELOMPOK
Novikasari, I. (2017). Uji Validitas Instrumen. Seminar Nasional Riset Inovatif, 1(1), 530–535.
Olivia, M. (2022). Pemanfaatan Instagram @Dkksemarang Sebagai Media Komunikasi Bencana Dalam Penanganan Covid-19 Di Kota Semarang (Maret - Desember 2020 [Ph.D. Thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang].
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307-327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Piter, R. (2023). Makna Kearifan Lokal Tradisi Bauma Batahutn Suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat. Balale' : Jurnal Antropologi, 4(1). https://doi.org/10.26418/balale.v4i1.63117
Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.
Rahayu, C., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Matematika Dalam Budaya Pagaralam. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.1985
Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Putri Reno Lenggo Geni. Isti Hidayah .pdf, 6(ue 1), 11–17.
Saputra, E., & Julie, H. (2025). Etnomatematika Dalam Upacara Adat Naek Dango Suku Dayak Kanayat Kabupaten Landak Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 272-284. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.6658
Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Widiastuti, H., Koagouw, F. V. I. A., & J, K. S. (2018). Teknik Wawancara Dalam Menggali Informasi Pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7. Jurnal Acta Diurna, 7(2), 1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 hilaria Enza Dara Sister, Sepriani Liliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.