Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTASI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.5894Keywords:
Pembelajaran matematika, media ular tangga, pengembangan, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ular Tangga Numerasi (ULTASI) serta menguji kelayakan dan keefektifannya dalam pembelajaran matematika materi bilangan cacah hingga 1.000.000 di kelas V SD Negeri Karanganyar 01. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian mencakup ahli media, ahli materi, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tes pilihan ganda, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Inovasi media ini terletak pada papan permainan yang memuat materi pembelajaran serta kartu soal yang dilengkapi dengan barcode dan dapat diakses melalui perangkat digital. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh penilaian kelayakan sebesar 92,3% dari ahli media dan 91,6% dari ahli materi, keduanya termasuk kategori sangat layak. Uji keefektifan menggunakan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan efektivitas peningkatan sebesar 56,3%. Dengan demikian, media ULTASI dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar.
References
Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 19-29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.
Anisa, W. N., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Wawasan Pendidikan, 3(1), 427-439. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936
Eka Fitria, N., & Sri Adi, W. (2024). Karakteristik Peserta Didik sebagai Dasar Pijakan Perencanaan Pembelajaran Matematika: Studi Empiris pada Peserta didik di Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika, 1(1), 13-22. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/edumathtec/article/view/7601
Irman, R. F., Amir, Z., & Risnawati. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 483-489. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49818
Ismawati, H., & Nurjannah. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.59025/js.v1i2.7
Junarti, J., Zainudin, M., Novianti, D. E., Indriani, A., Mayasari, N., Noeruddin, A., & P, R. D. (2022). Model-model Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.7827
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44-48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Macpal, S., Mewengkang, A., & Paat, W. R. L. (2023). Perancangan Sistem Evaluasi Kinerja Guru di SMK Negeri Tabukan Utara Berbasis Web. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 543-551. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7624
Ningsih, E. F., Budiningsih, C. A., Sugiman, S., & Pamungkas, T. (2023). Examining the Impact of Math Anxiety, Scaffolding, and Math Attitude on Working Memory: A Comparative Analysis between Islamic Boarding Schools and Public Schools. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 113-129. https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.3245
Nogo Tolok, A., Fadillah, S., & Hartono, H. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Statistika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 807-818. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2462
Ratnawati, A., N, D., & Nurjanah, N. (2023). Pengembangan media ular tangga menggunakan metode tanya jawab pada pembelajaran matematika materi perkalian. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1508
Sari, S. P., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2022). Tingkat Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 7(1). https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36901
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Siswanti, K., Famukhit, M. L., & Rahayu, D. (2020). Rancang Bangun Website E-Commerce Berbasis Wordpress pada Mebel UD “REJEKI”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 87-92. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.5
Subekti, M. R., Kurniati, A., & Firda, T. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 417-426. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1376
Sukmawati, L., Mursidik, E. s. M., & Hardhinata, A. Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pintar pada Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 56-62. https://doi.org/10.21137/jpp.2023.15.1.7
Supriyadi, S., & Husna, K. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981-990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1), 68-73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Yukti Sari, R. H. (2024). Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran Calistung untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 58-65. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i3.1020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Filia Indonesia AHSS, Ali Sunarso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.