Efektivitas Model PBL Bernuansa Etnomatematika Bangunan Khas Kota Lama Banten untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6006

Keywords:

Etnomatematika, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Model Project Based Learning

Abstract

Pada Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas V A SD Islam Asysyakirin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah gugus 1 Pinang tahun ajaran 2025, dengan sampel dipilih secara simple random sampling. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi < 0,05 dalam semua pengujian, analisis data Penggunaan Model PBL bernuansa bangunan khas kota lama banten melebihi 70, hasil uji ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan Model PBL lebih dari 25%, dan rata-rata hasil tes pembelajaran menggunakan Model PBL bernuansa etnomatematika bangunan khas kota lama banten lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Maka kesimpulannya adalah Model PBL bernuansa etnomatematika di kota Benteng lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Adelia Putri, L., Carlia Dermasari, S., Elvi, M., Luciana Chris May, P., Maya Alemina, K., & Sofia, M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Penguatan Nilai Budaya. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(5), 228-235. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i5.242

Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178-1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935

Apipah, I., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1812–1826. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2390

Berliana Nur Oktaviana, E., Setiyadi, D., & Siregar, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Rumah Adat Provinsi Banten Pada Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1835–1845. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7195

Bramantha, H., & Meliandani, R. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mutiara SD, 1(1), 1–10. http://jurnal.sekawansiji.org/index.php/mutiarapgsd/index

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185-198. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Gradini, E. (2022). Development of Rubric of Higher Order Thinking Skills Assessment on Mathematics Learning. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5342

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Mufidah, L. N., Abidin, Z., & Rukmigarsari, E. (2024). penerapan model problem based learning (pbl) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan materi lingkaran siswa kelas viii mts al-muslihun sumbermanjing wetan tahun ajaran 2023/2024 masalah. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/26046

Munjaji, I., & Setiyadi, D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Ict Bernuansa Etnomatematika Khas Ondel-Ondel Banten Materi Bangun Ruang Pada MI. Jurnal Eksplorasi Pendidikan. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/2571

Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite Development Of Ethnomathematics-Based 3D Shapes Materials Learning Media Using Ispring Suite. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–287. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/9741

Nurkholifah, S., D, & S, P. R. (2025). Efektivitas " Snakes And Ladders Media " Bernuansa Etnomatematika Di Kota Benteng Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Fase B. Borobudur Educational Review, 05(01), 92–103. https://doi.org/10.31603/bedr.13289

Panjaitan, S. M., Gulo, N. D. Y., & Situmorang, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Menurut Teori Bruner Pada Materi Himpunan Berbasis High Order Thinking Skill (Hots. Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Semester genap T. P. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1199

Priyanto, A., Bimantara, A. R., & Yani, A. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492–497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194

Qirom, M. S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2021). Pengembangan soal higher order thinking skills matematika lingkup materi ujian nasional SMP/MTs di SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia. https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/113

Ramadhan, A. B., Institut Daarul Qur'an Jakarta, P. R. S., & Institut Daarul Qur'an Jakarta, Z. (2024). Development of Recycled Media in SBdP Learning to Increase Student Learning Activity. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2932–2942. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.10055

Ramadhan, A. b., Institut Daarul Qur'an Jakarta, P. R. S., & Institut Daarul Qur'an Jakarta, Z. (2024). Development of Recycled Media in SBdP Learning to Increase Student Learning Activity. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2932-2942. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.10055

Rizkyh, T., & Setiyadi, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Baju Pengantin Adat Betawi. Jurnal Elementaria Edukasia. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/7197

Saviraningrum, W., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 748-763. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.281

Setiyadi, D. (2023). Efektivitas Problem Solving Pada Model Pbl Bernuansa Etnomatematika Dengan Satuan Ngapak. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 213–225. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2108

Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. Jurnal Eduscience, 9(1), 227-234. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2571

Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3096

Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 173-185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wahyuni, S. A. B., Afif, A., & Andhika Ayu, W. (2024). Etnomatematika : Eksplorasi Geometris pada Desain Bangunan Masjid Agung Surakarta. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873-882. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4207

Yolanda, P., & Asrul. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Museum Daerah Kabupaten Langkat. Euclid, 11(3). https://doi.org/10.33603/e.v11i3.9033

Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023. Systematic Literatur Review. Journal of Instructional Development Researches, 4(2), 172–191. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/326

Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(3), 172-191. https://doi.org/10.53621/jider.v4i3.326

Yulianasari, N., & Maulidina, N. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. Seminar Nasional Tadris Matematika. http://103.142.62.229/index.php/santika/article/view/1340

Zubaidi, Z., & Zubairi, Z. (2022). Korelasi Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dengan Motivasi Guru MI di kota Tangerang. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23, 234–246. https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v23i2.265

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Ibrahim, F. N., Setiyadi, D., & Zubaidi, Z. (2025). Efektivitas Model PBL Bernuansa Etnomatematika Bangunan Khas Kota Lama Banten untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 98–108. https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6006

Issue

Section

Artikel Pendidikan Matematika