Efektivitas Model PBL Bernuansa Etnomatematika Bangunan Khas Kota Lama Banten untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6006Keywords:
Etnomatematika, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Model Project Based LearningAbstract
Pada Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas V A SD Islam Asysyakirin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah gugus 1 Pinang tahun ajaran 2025, dengan sampel dipilih secara simple random sampling. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi < 0,05 dalam semua pengujian, analisis data Penggunaan Model PBL bernuansa bangunan khas kota lama banten melebihi 70, hasil uji ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan Model PBL lebih dari 25%, dan rata-rata hasil tes pembelajaran menggunakan Model PBL bernuansa etnomatematika bangunan khas kota lama banten lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Maka kesimpulannya adalah Model PBL bernuansa etnomatematika di kota Benteng lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Adelia Putri, L., Carlia Dermasari, S., Elvi, M., Luciana Chris May, P., Maya Alemina, K., & Sofia, M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Penguatan Nilai Budaya. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(5), 228-235. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i5.242
Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178-1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935
Apipah, I., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1812–1826. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2390
Berliana Nur Oktaviana, E., Setiyadi, D., & Siregar, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Rumah Adat Provinsi Banten Pada Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1835–1845. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7195
Bramantha, H., & Meliandani, R. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mutiara SD, 1(1), 1–10. http://jurnal.sekawansiji.org/index.php/mutiarapgsd/index
Erlangga, S. Y., Poort, E. A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185-198. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685
Gradini, E. (2022). Development of Rubric of Higher Order Thinking Skills Assessment on Mathematics Learning. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5342
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Mufidah, L. N., Abidin, Z., & Rukmigarsari, E. (2024). penerapan model problem based learning (pbl) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan materi lingkaran siswa kelas viii mts al-muslihun sumbermanjing wetan tahun ajaran 2023/2024 masalah. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/26046
Munjaji, I., & Setiyadi, D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Ict Bernuansa Etnomatematika Khas Ondel-Ondel Banten Materi Bangun Ruang Pada MI. Jurnal Eksplorasi Pendidikan. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/2571
Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite Development Of Ethnomathematics-Based 3D Shapes Materials Learning Media Using Ispring Suite. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–287. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/9741
Nurkholifah, S., D, & S, P. R. (2025). Efektivitas " Snakes And Ladders Media " Bernuansa Etnomatematika Di Kota Benteng Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Fase B. Borobudur Educational Review, 05(01), 92–103. https://doi.org/10.31603/bedr.13289
Panjaitan, S. M., Gulo, N. D. Y., & Situmorang, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Menurut Teori Bruner Pada Materi Himpunan Berbasis High Order Thinking Skill (Hots. Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Semester genap T. P. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1199
Priyanto, A., Bimantara, A. R., & Yani, A. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492–497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194
Qirom, M. S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2021). Pengembangan soal higher order thinking skills matematika lingkup materi ujian nasional SMP/MTs di SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia. https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/113
Ramadhan, A. B., Institut Daarul Qur'an Jakarta, P. R. S., & Institut Daarul Qur'an Jakarta, Z. (2024). Development of Recycled Media in SBdP Learning to Increase Student Learning Activity. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2932–2942. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.10055
Ramadhan, A. b., Institut Daarul Qur'an Jakarta, P. R. S., & Institut Daarul Qur'an Jakarta, Z. (2024). Development of Recycled Media in SBdP Learning to Increase Student Learning Activity. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2932-2942. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.10055
Rizkyh, T., & Setiyadi, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Baju Pengantin Adat Betawi. Jurnal Elementaria Edukasia. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/7197
Saviraningrum, W., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 748-763. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.281
Setiyadi, D. (2023). Efektivitas Problem Solving Pada Model Pbl Bernuansa Etnomatematika Dengan Satuan Ngapak. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 213–225. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2108
Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. Jurnal Eduscience, 9(1), 227-234. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2571
Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3096
Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 173-185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110
Wahyuni, S. A. B., Afif, A., & Andhika Ayu, W. (2024). Etnomatematika : Eksplorasi Geometris pada Desain Bangunan Masjid Agung Surakarta. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873-882. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4207
Yolanda, P., & Asrul. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Museum Daerah Kabupaten Langkat. Euclid, 11(3). https://doi.org/10.33603/e.v11i3.9033
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023. Systematic Literatur Review. Journal of Instructional Development Researches, 4(2), 172–191. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/326
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(3), 172-191. https://doi.org/10.53621/jider.v4i3.326
Yulianasari, N., & Maulidina, N. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. Seminar Nasional Tadris Matematika. http://103.142.62.229/index.php/santika/article/view/1340
Zubaidi, Z., & Zubairi, Z. (2022). Korelasi Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dengan Motivasi Guru MI di kota Tangerang. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23, 234–246. https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v23i2.265
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fauzan Naufal Ibrahim, Desi Setiyadi, Zubaidi Zubaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.