FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6022Keywords:
Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter SiswaAbstract
Artikel ini menyoroti karakteristik moral dan karakter yang terdapat dalam pendidikan Islam sambil membahas filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai dasar pendidikan di era digital. Untuk menyelidiki gagasan-gagasan utama dalam filosofi pendidikan dan bagaimana hal itu mempengaruhi perkembangan karakter siswa, studi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan meneliti secara mendalam gagasan para pemimpin pendidikan Islam seperti al-Ghazali dan Ibn Khaldun, artikel ini menekankan nilai pendidikan sebagai sarana ibadah dan tanggung jawab pribadi kepada Allah, masyarakat, dan diri sendiri. Esai ini juga menyoroti kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses pendidikan di era digital, serta perlunya integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum pendidikan. Dengan demikian, filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara diharapkan dapat memberikan panduan yang relevan dalam menghadapi dinamika pendidikan modern.
References
Achmad, Fatoni. “Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 6, no. 2 (2024): 188–206.
Albina, Meyniar. “Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam,” 2021.
Albina, Meyniar, and Mursal Aziz. “Hakikat Manusia Dalam Al-Quran Dan Filsafat Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 02 (2023): 731–46.
Arifin, M.Zainal, Maulana Ishaq Ernas, Abdul Haris, and Rosichin Mansur. “Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Era Kontemporer.” Journal of Contemporary Islamic Education 4, no. 1 (2024): 13–25.
Beddu, Muhammad Juni, Yesnetti Fitri, Bagus Wahyudi, Raihana Annida Fakiha, and Hamdani Afif. “Konsep Tauhid: Allah, Wahyu Dan Kerasulan Sebagai Dasar Aksiomatik Pendidikan.” Journal of Islamic Educational Development 1, no. 1 (2024): 25–32.
Dacholfany, M.Ihsan, and Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah, 2021.
Dahri, Muhammad nd. “Konsep Dasar Dan Etika Filsafat Pendidikan Islam,” n.d.
Dainuri, Dainuri, and Abd Haris. “Konsep Dan Implikasi Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Inovasi Pendidikan Islam.” Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman 5, no. 1 (2022): 31–45.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.
Farah, Laily Navi’atul. “Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam Dan Filsafat Pendidikan Barat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2022): 115–28.
Felta, Felta. “Pendidikan Karakter Dalam Islam: Perspektif Filsafat (Character Education In Islam: A Philosophy Perspective,” 2021.
Fitrianto, Ari Tri. “Relevansi Pendidikan Jasmani Dengan Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Individu Yang Seimbang Secara Fisik, Mental, Dan Spiritual,” 2023.
Gandara, Tedi, Endan Hamdan Ridwan, Diansyah Permana, and Adun Rahman. “Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membangun Moderasi Beragama.” Jurnal Pendidikan Integratif 5, no. 4 (2024).
Helandri, Joni, and Supriadi Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 93–116.
Herwati, Herwati. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.” BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2024): 1–15.
Hidayat, Ujang Syarip. Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter Dan Berdaya Saing Di Abad 21. Nusa Putra Press, 2021.
Mahmudi, M.Umar, and Moh Sugeng Solehuddin. “Agama Dan Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Journal of Creative Power and Ambition (JCPA 1, no. 02 (2023): 83–90.
Mulyani, Sri, Latifatul Azizah, and Binti Khoir Faridi. “Pendidikan Dan Tujuan Pendidikan Islam Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Islam.” Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 4 (2024): 242–51.
Nadhief, Muhammad Ilham, Ahmad Kana Zai’muddin, and M.Yunus Abu Bakar. “Latar Belakang Munculny Filsafat Pendidikan: Dari Islam, Spiritulisme Kuno, Hingga Pemikiran Socrates, Plato, Dan Aritoteles.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 9, no. 3 (2024): 21–30.
Nasarudin, Nasarudin, Denny Aulia Rachmawati, Mappanyompa Mappanyompa, Vivina Eprillison, Yuni Misrahayu, Halijah Halijah, Rina Nur Afifa, Mohamad Mustari, Siti Mutmainah, and Orlando A Selly. Pengantar Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024.
Nurhakim, Haditsa Qur’ani, and Izzudin Musthafa. “Filsafat Pendidikan Dan Teori Pendidikan Perspektif Ali Ahmad Madkur.” At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2024): 263–78.
Nurhasnah, Nurhasnah, Tiffani Tiffani, Eldarifai Eldarifai, Zulmuqim Zulmuqim, and Muhammad Zalnur. “Hakikat Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Mengenai Dikotomi Ilmu, Islamisasi Ilmu, Integrasi Ilmu, Interkoneksi Ilmu Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4, no. 3 (2023): 2560–75.
Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, Lis Hafrida, Vidriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto, and Ardhana Januar Mahardhani. Mochamad Doddy Syahirul Alam, and Mutia Lisya. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka, 2022.
Pattiran, Muhammad, Anna Maria Hilda Songbes, Ruri Arrang, Herman Herman, Antonius Rino Vanchapo, and Muhammadong Muhammadong. “Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika Dan Nilai Pada Generasi Muda.” Journal on Education 6, no. 2 (2024): 11369–76.
Rambe, Anggi Afrina, Udin Supriadi, Mokh Iman Firmansyah, Regita Ayu Dwietama, Annisa Ningtias Cevie Putri, Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja, and Junaidi Marbun. “Pendekatan Kasih Sayang Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5, no. 2 (2024): 438–52.
Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, and Miptah Parid. “Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI,” 2022.
Rivana, Anggi, Musthofa Musthofa, Zubairi Zubairi, and Siti Nur Ajizah. “Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 2 (2023): 2267–80.
Sauqy, Muhammad Naufal, and Hinggil Permana. “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Perspektif Islam.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 114–27.
Tarigan, M, S Maulana, and N A Lubis. “Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 197–207.
Yusuf, Maulana. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Hikmah 61, no. 74 (2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kholifah Lailia, Hana Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.